Akibat Jika Masalah Sulit Hamil Tidak Segera di Tangani

Akibat Jika Masalah Sulit Hamil Tidak Segera di Tangani

Hampir semua pasangan yang telah menikah ingin segera hamil dan mendapatkan keturunan. Karena dengan hadirnya si kecil nan lucu di tengah-tengah keluarga akan membuat kebahagiaan mereka semakin lengkap dan sempurna, benar bukan? Oleh karena itu mereka mencari-cari cara cepat hamil dan mulai mempersiapkan segala sesuatunya baik secara fisik maupun mental agar pasangan cepat hamil.

Hanya saja, tidak semua pasangan beruntung cepat hamil dan mendapatkan keturunan seperti yang diidam-idamkan, banyak yang harus menunggu bertahun-tahun untuk kehadiran seorang anak. Karena, ketidakhamilan seorang istri bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti sistem reproduksi suami atau istri mengalami masalah atau biasa juga di sebut gangguan kesuburan atau infertilitas.

Gangguan kesuburan bisa karena alasan kesehatan, gaya hidup suami serta istri yang tidak baik dan tidak sehat secara fisik dan mental. Secara umum gangguan kesuburan pada istri adalah masalah ovulasi, tanda sederhana perempuan yang sulit hamil adalah periode datang bulan yang abnormal atau tidak teratur.

Gangguan ovulasi bisa dipengaruhi berbagai hal seperti kondisi ovarium polikistik ( ketidakseimbangan hormonal yang menyebabkan sel telur tetap kecil sehingga akan sulit dibuahi), dan faktor lainnya, misalnya pola hidup tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik menyebabkan obesitas, dan diet menurunkan berat badan yang berlebihan juga cukup berpengaruh terhadap kesuburan wanita.

Sedangkan pada pria, kesuburan juga bisa terhambat karena pola dan gaya hidup yang buruk seperti kebiasaan merokok dan minum minuman keras. Kesehatan fisik yang prima sangat dibutuhkan untuk membantu meningkatkan kesuburan seorang pria.

Apa Resiko dan Akibat Jika Masalah Sulit Hamil Tidak Segera di Tangani?

Banyak sekali resiko dan kerugian bila masalah sulit hamil akibat gangguan kesuburan di biarkan dan tidak ditangani secara benar, beberapa diantaranya.

Semakin Tua Usia Semakin Sulit Untuk Hamil

Dalam perspektif ilmu kesehatan, dijelaskan bahwa usia yang sangat baik untuk hamil tidak boleh terlalu muda (20 tahunan kebawah), atau terlalu tua (30 tahun atau lebih). Jika Anda mengalami masalah sulit hamil, dan dibiarkan saja, tentu usia akan terus bertambah dan pastinya Anda memiliki peluang yang semakin kecil pula untuk segera hamil kedepannya.

Rasa Frustasi dan Beban Mental

Jika Anda tidak segera mencari solusi untuk mengatasi agar cepat mendapat kehamilan, bisa membuat Anda atau kedua pasangan mengalami frustasi dan beban mental yang berkepanjangan, atau kemungkinan yang paling buruk adalah adanya keretakan dalam rumah tangga, dan bisa saja akhirnya terjadi perceraian karena alasan tidak mendapatkan keturunan.

Kekhawatiran tidak adanya sosok anak yang akan merawat di hari tua

Setiap orang pasti berharap di hari tuanya dapat hidup dengan tenang dan dapat dirawat oleh anak-anaknya, bagaiman jika Anda tidak memilki keturunan? Pertanyaan ini akan menimbulkan kehawatiran dan menghantui terus-menerus jika Anda tidak segera mencari solusi yang tepat agar segera hamil dan mendapatkan keturunan yang akan merawat Anda di hari tua nanti.

Kendala Yang Sering di Hadapai Untuk Mengatasi Masalah Sulit Hamil

Anda atau setiap orang yang mengalami masalah sulit hamil pasti sudah berusaha sekuat tenaga dan berbagai upaya dilakukan agar segera hamil dan dikaruniai anak, namun seringkali dihadapkan dengan kendala-kendala seperti berikut ini:

1. Informasi yang semrawut dan berasal dari sumber yang tidak diketahui kredibilitasnya, atau minimnya informasi yang bisa Anda dapatkan di internet yang di tulis langsung oleh dokter sepsesialis kandungan yang memiliki pengalaman dalam menangani masalah-masalah gangguan kesuburan dan kehamilan.

2. Kebanyakan referensi yang di dapatkan berasal dari luar negeri. Selain faktor bahasa asing yang murang dikuasai, secara umum kondisi fisik dan pola hidup orang luar negeri jauh berbeda dengan di Indonesia sehingga sulit dan tidak relevan untuk dijadikan acuan.

3. Tips-tips cepat hamil yang beredar seringkali tidak akurat dan malah memperparah kondisi kesehatan sistem reproduksi

4. Kurangnya informasi yang bisa didapatkan melalui konsultasi langsung dengan dokter akibat terbatasnya waktu di tempat praktik dokter

5. Mahalnya biaya tindakan medis untuk masalah ini, sehingga pembaca dituntut untuk bisa membekali diri terlebih dahulu dengan pengetahuan mengenai masalah mereka sebelum memutuskan untuk menjalani tindakan medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *