Fakta Tentang Tulang Dan Penyebab Stroke

Fakta Tentang Tulang Dan Penyebab Stroke

Fakta tentang Tulang yang Perlu Diketahui memang layak untuk diinformasikan. Tulang merupakan bagian dari tubuh yang memiliki peranan penting. Tulang melindungi bagian organ dalam tubuh kita, tulang membantu menopang tubuh kita sehingga bisa berdiri, berjalan, membawa beban berat dan beraktifitas lainnya dengan lancar.

Tulang akan membantu menopang tubuh selama masih hidup dan bisa memperlancar aktifitas. Sayangnya seringkali kesehatan tulang cenderung diabaikan. Tulang akan memperoleh perhatian ketika merasakan sakit.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang tentu saja dengan memenuhi nutrisi yang diperlukan tulang yaitu kalsium. Kalsium membantu menjaga kepadatan dan kekuatan tulang sehingga tidak mudah keropos atau mengalami osteoporosis. Hanya saja kepadatan tulang akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia.

Terutama bagi Anda yang telah berusia lanjut maka kepadatan tulang akan cenderung semakin berkurang. Itulah mengapa menabung kepadatan tulang sejak dini perlu dilakukan sehingga kekuatan tulang pun akan semakin lebih lama dan tidak mudah mengalami pengeroposan tulang atau osteoposoris.

Berikut ini ada 3 Fakta tentang Tulang yang Perlu Diketahui antara lain :

1. Tulang selalu mengalami pembentukan maupun penyerapan secara terus-menerus. Proses ini disebut dengan proses remodeling. Hanya saja proses ini terjadi pada orang-orang yang sehat.

2. Proses pembentukan tulang terjadi pada usia anak-anak dan remaja. Pada usia anak-anak dan remaja lebih banyak terjadi proses pembentukan tulang daripada proses penyerapan tulang.

3. Menabung tulang sebaiknya dilakukan sejak dini. Hal ini perlu dilakukan agar pada saat peak bone mass atau puncak masa tulang kedapatannya lebih optimal. Ketika terjadi proses pengurangan masa tulang secara alami karena bertambahnya usia maka tabungan tulang tersebut masih cukup. Sehingga risiko terjadinya osteopososis atau pengeroposan tulang bisa diminimalisir.

Bagaimana cara menabung tulang agar tetap sehat dan kuat hingga usia tua? jika saat ini usia Anda masih belum mencapai 30 tahun maka segera mulai saat ini juga. Karena sel-sel pembangun tulang akan tetap aktif bekerja hingga usia 30 tahun. Jadi sebelum mencapai usia tersebut, tidak ada salahnya untuk memaksimalkan kinerja sel-sel tersebut sehingga bisa mencapai kepadatan tulang maksimum sehingga kekuatannya pun terjaga.

Caranya tentu saja dengan memenuhi nutrisi yang diperlukan tulang yaitu kalsium. Kalsium bisa diperoleh melalui susu yang mengandung tinggi kalsium, sayuran yang mengandung kalsium dan makanan lain yang merupakan sumber kalsium.

Penyebab Stroke

Penyebab stroke memang perlu dicari tahu agar segera bisa dilakukan pencegahan. Mengapa demikian? Tentu saja, karena semakin lama, orang yang menderita penyakit stroke semakin tinggi. Apalagi penyakit stroke bisa dikatakan juga sebagai silent killer.

Penyakit ini bisa menyebabkan kematian mendadak. Baik pria maupun wanita bisa terkena penyakit stroke. Usia muda, dewasa atau tua bisa saja terkena stroke. Semakin mengenali apa yang menyebabkannya maka akan semakin cepat dan waspada agar tidak mengalaminya. Nah, berikut ini ada beberapa penyebab stroke yang bisa menyerang wanita, diantaranya adalah :

1. Pola makan sembarangan

Sebaiknya perhatikan setiap makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Lebih baik memperbanyak asupan buah dan sayur. Batasi atau lebih baik hindari mengonsumsi makanan dari daging olahan seperti daging asap, sosis, ham, dan lainnya. Konsumsi daging olahan dikatakan mampu meningkatkan risiko stroke yang bisa menyebabkan kematian hingga 23 persen. Hal ini dikarenakan kandungan sodiumnya bisa membuat tekanan darah menjadi tinggi dan bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Kandungan pengawetnya juga memberikan dampak buruk.

2. Menderita Migrain

Sakit kepala sebelah atau biasa dikenal dengan sebutan migrain ternyata bisa memicu stroke, tetapi masih memerlukan penelitian apa kaitan migrain dan stroke. Namun keduanya sama-sama penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah pada otak. Jadi sebaiknya tidak menyepelekan migrain yang tengah diderita. Segera atasi sehingga tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih serius.

3. Menderita Diabetes tipe-2

Ketika seseorang menderita penyakit diabetes, jika kadar gula darah tidak dijaga maka penderitanya lebih rentan mengalami penyakit stroke jika terjadi komplikasi. Jadi jika Anda memang mengalami diabetes, jaga terus kadar gula darah agar tetap seimbang atau normal.

4. Kurang berolahraga dan aktifitas fisik

Alasan malas capek terkadang menjadi pemicu orang enggan berolahraga atau melakukan aktifitas yang melibatkan fisik atau tubuhnya. Padahal ketika seseorang rajin berolahraga atau banyak melakukan aktifitas fisik maka risiko terkena penyakit stroke pun semakin berkurang.

5. Menderita kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi bisa membuat pembuluh darah tersumbat akibatnya bisa menyebabkan stroke. Menjaga kadar kolesterol tetap normal begitu juga trigliserida akan menjauhkan tubuh dari penyakit stroke.

Bagaimana? Jika sudah mengetahui beberapa Penyebab Stroke tentu akan membuat semakin berhati-hati dengan setiap hal yang dilakukan maupun yang dikonsumsi sehingga bisa menghindari penyakit stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *