Kelainan Pada Tulang Dan Penyakit Tuberkulosis Pada Anak

Kelainan Pada Tulang Dan Penyakit Tuberkulosis Pada Anak

Kelainan pada Tulang Akibat Kebiasaan Buruk perlu diketahui para orang tua sehingga bisa mencegah terjadinya kelainan pada perkembangan maupun pertumbuhan tubuh atau tulang buah hati mereka. Hal-hal baik memang perlu dibiasakan sejak dini terutama dalam menjaga kesehatan.

Karena kebiasaan yang baik terutama dalam menjaga kesehatan tentu berdampak tidak hanya jangka pendek tetapi juga jangka panjang. Salah satu kebiasaan baik yang perlu diterapkan adalah kebiasaan duduk maupun jalan. Mengapa demikian? Karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan tulang.

Tidak sedikit kebiasaan buruk seperti terlalu sering duduk tanpa sandaran kursi atau posisi badan yang kurang tepat saat duduk bisa menimbulkan kelainan pada tulang. Dan berikut ini beberapa Kelainan pada Tulang Akibat Kebiasaan Buruk yaitu :

Lordosis

Kelainan tulang ini terjadi karena tulang belakang yang terlalu bengkok ke depan. Misalnya saja ketika duduk karena meja dan kursi tingginya tidak seimbang dengan tinggi badan. Dimana badan terlalu jauh dari meja. Sehingga kesulitan untuk menulis maupun membaca.

Kifosis

Kelainan tulang ini terjadi karena tulang belakang yang terlalu bengkok ke belakang. Selalu membungkuk saat menulis, membaca di meja yang terlalu rendah daripada kursi dimana badan terlalu dekat dengan meja. Kemudian terlalu sering berjalan membungkuk dengan beban yang terlalu berat untuk dibawa. Bisa juga disebabkan hal lainnya.

Skoliosis

Kelainan tulang ini terjadi karena tulang belakang yang bengkok ke samping. Misalnya saja terlalu sering duduk dengan posisi menyamping atau serong.

Memperhatikan posisi saat duduk di kursi dengan sandaran atau tidak, memperhatikan posisi di depan netbook atau notebook yang benar, serta berjalan dengan posisi yang tegak sebaiknya juga diperhatikan. Adakalanya kita tidak terlalu memperhatikan berbagai kebiasaan yang dilakukan. Padahal hal tersebut bisa saja menyebabkan kelainan pada tulang. Apalagi jika usia masih sangat muda atau masih anak-anak.

Dimana tulang masih mengalami pertumbuhan. Perlu selalu diingatkan untuk memperhatikan posisi ketika berada di dalam kelas saat mereka sedang sekolah. Perlu juga kiranya mengetahui bagaimana kondisia tempat duduk. Dan tidak ada salahnya memberikan penjelasan mengenai Kelainan pada Tulang Akibat Kebiasaan Buruk pada anak-anak sehingga dengan kesadaran sendiri bisa menghindari berbagai kebiasaan buruk tersebut.

Penyakit Tuberkulosis Pada Anak

Flek merupakan ungkapan lokal yang dimaksudkan untuk penyakit TBC, yakni penyakit yang menyerang pada sistem pernapasan (paru-paru) dan disebabkan oleh bakteri yang disebut mycobacterium tuberculosis.

Beberapa gejala khas yang biasa ditemukan pada anak yang menderita flek atau Tuberkulosis Pada Anak diantaranya:

1. Batuk yang tak kunjung sembuh sampai berminggu-minggu (batuk kronis).
2. Tubuh anak makin lama semakin menyusut (kurus).
3. Samping leher sering teraba kelenjar getah beningnya.

Tes Mantoux

Tes mantoux dibutuhkan untuk memastikan apakah anak mengalami flek atau tidak. Tes ini biasanya dilakukan dengan menyuntikkan tes ke bagian lengan bawah, tepatnya di bawah lapisan kulit. Dapat dikatakan anak terinfeksi atau terdiagnosa TBC apabila timbul benjolan merah dengan garis tengah sekitar 10 mm-1 cm. Benjolan ini bisa terlihat dalam waktu 2 hingga 3 hari.

Pencegahan dan Penanganan Anak yang Terserang Flek

Anak-anak yang terserang flek perlu ditangani oleh dokter atau ahli medis dengan serius. Pencegahan terhadap flek bisa dilakukan dengan pemberian vaksin BCG. Namun, ketika BCG dilakukan saat bayi berusia 2-3 bulan perlu dilakukan tes mantoux terlebih dahulu. Jika hasilnya negatif, maka pemberian vaksin dapat dilanjutkan. Namun, jika hasilnya positif maka vaksin tidak diberikan karena justru akan memperparah penyakitnya.

Penanganan dan Terapi Obat

Apabila telah ada kepastian dari ahsil tes bahwa anak terinfeksi kuman TBC maka sebaiknya terapi dilakukan oleh dokter spesialis paru. Pengobatan yang tepat akan menuntaskan kuman TBC sehingga anak bisa tumbuh dengan normal dan tidak lagi mengalami batuk berulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *