Makanan Untuk Kesehatan Jantung Dan Penderita Asam Urat

Makanan Untuk Kesehatan Jantung Dan Penderita Asam Urat

Seperti yang sudah banyak diketahui, jantung merupakan salah satu organ yang membutuhkan perlindungan maupun perawatan yang terbaik. Pasalnya dengan memiliki jantung yang sehat maka kesempatan untuk memperoleh hidup yang berkualitas juga lebih terbuka.

Setiap aktifitas, makanan yang dikonsumsi, gaya hidup yang dilakukan seringkali juga berpengaruh terhadap kesehatan jantung kita. Anda perlu mengetahui apa saja makanan yang tidak baik untuk jantung dan makanan yang baik untuk jantung. Mengatur pola makan diperlukan sehingga jantung tetap sehat.

Makanan tersebut tentu yang mengandung vitamin, mineral, antioksidan, serat, dan fitokimia. Perlu menjauh dari makanan yang berlemak. Meskipun ada beberapa makanan berlemak yang memang baik untuk jantung.

Makanan yang Diperlukan untuk Kesehatan Jantung beberapa diantaranya adalah :

1. Ikan salmon, makarel, sarden, hering dan tuna

Ikan-ikan tersebut merupakan makanan sumber asam lemak omega-3. Sumber lemak sehat yang baik untuk jantung. Omega-3 juga baik untuk kemampuan otak. Tentu saja pengolahannya sebaiknya tidak dengan digoreng. Anda bisa merebus atau memanggangnya.

2. Buah Alpukad

Buah ini baik untuk kesehatan jantung. Selain itu juga dapat meminimalisir gejaa osteoarthritis. Anda bisa membuatnya menjadi jus, salad buah atau dimakan langsung.

3. Kacang-kacangan

Anda bisa memasukkan kacang-kacangan seperti walnut, hazelnut, pecan, kacang tanah asalkan tidak digoreng dengan minyak. Kacang-kacangan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat. Kacang almond dan kenari justru mampu menyerap lemak jenuh.

Selain itu kandungan vitamin E yang ada pada kacang juga bermanfaat bagi jantung karena mampu membantu menghentikan terjadinya pembentukan plak pada pembuluh darah.

4. Telur

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan lemak pada telur relatif rendah karena hanya sekitar kurang dari 5 gram. Itulah sebabnya tidak membahayakan bagi jantung. Hanya saja perlu diwaspadai kuningnya yang tinggi kandungan kolesterolnya. Jadi, konsumsi telur dalam sehari cukup satu butir saja. Itupun jangan digoreng. Bisa direbus saja.

5. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau seperti bayam, kale, kol memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk jantung. Selain itu sayuran juga kaya akan serat sehingga baik untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Selain itu biji-bijian seperti kuaci biji bungan matahari, wijen, dan lainnya juga baik untuk menurunkan kolesterol. Jangan lupakan juga kedelai yang bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan tempe, tahu, atau sari kedelai yang dikenal dengan susu kedelai. Kandungan isoflavon nya baik untuk tubuh dan jantung Anda.

Anda tidak hanya memperhatikan Makanan yang Diperlukan untuk Kesehatan Jantung tetapi juga perlu memperhatikan waktu istirahat, kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga harus dihentikan serta jangan sampai terlalu banyak pikiran atau stres. Jangan lupa juga untuk rutin olahraga ringan misalnya jogging atau jalan kaki. Sehingga jantung Anda pun tetap terjaga kesehatannya.

Makanan Yang Baik Bagi Penderita Asam Urat

Makanan yang Baik Bagi Penderita Asam Urat akan baik dikonsumsi karena tidak akan menimbulkan nyeri. Bahkan justru bisa mencegah munculnya nyeri akibat timbunan kristal urat pada persendian. Penyebab utama munculnya asam urat adalah pola makan yang tidak tepat.

Para penderita asal urat harus menjauhi segala bentuk makanan yang mengandung purin. Purin sendiri merupakan bagian dari protein. Beberapa sumber purin yang sebaiknya dibatasi atau dijauhi bagi penderita asam urat misalnya saja makanan kalengan (sarden, kornet, dan lainnya), jeroan seperti hati, rempela, otak, babat, jantung, dll. Kemudian melinjo dan produk olahannya dan sebagainya.

Namun jangan khawatir karena ada banyak jenis Makanan yang Baik Bagi Penderita Asam Urat beberapa diantaranya yaitu :

1. Buah Sirsak

Buah satu ini memiliki kandungan air yang banyak. Selain itu juga kaya serat dan tentu saja vitamin C. Sifat antioksidan buah ini mampu menghambat terbentuknya asam urat. Selain itu juga memiliki sifat anti radang dan analgetik yang mampu mengurangi nyeri akibat asam urat.

2. Buah Pisang

Buah ini memiliki kandungan potasium dan vitamin B6 yang mampu mengurangi rasa sakit pada persendian dan nyeri pada otot.

3. Buah Berair

Buah-buahan berair sangat baik untuk penderita asam urat. Seperti belimbing, blewah, semangka, jambu air dan melon. Anda bisa memasukkan sebagai buah konsumsi sehari-hari.

4. Labu Siam

Sayuran ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu kandungan vitamin C nya juga tinggi. Kandungan lainnya yang dimiliki labu siam misalnya saja folat, vitamin B, mangan, tembaga, zinc dan vitamin K. Untuk mengonsumsinya pun sangat mudah bisa direbus dan langsung dimakan bersama nasi atau dibuat tumis.

5. Air Putih

Jika nyeri asam urat begitu terasa Anda bisa memperbanyak konsumsi air putih juga. Air putih akan membantu mengeluarkan asam urat melalui urin.

Jika Anda sangat tidak nyaman dengan rasa nyeri persendian akibat asam urat tersebut, Anda bisa mengurangi rasa sakitnya dengan cara mengompresnya. Anda bisa menyiapkan air panas pada mangkuk atau baskom kemudian menggunakan handuk dimasukkan dalam air tersebut dan tekan-tekan pada bagian persendian yang sakit.

Atau bisa dengan menggunakan botol yang diisi dengan air panas kemudian botol ditutup rapat dan digunakan untuk mengompres bagian yang nyeri. Lakukan hingga nyeri berkurang. Jangan lupa selalu mengonsumsi Makanan yang Baik Bagi Penderita Asam Urat selain mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri dari dokter yang telah memeriksa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *